Website Resmi SMAN 1 Mowewe

PROFIL SEKOLAH

VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH

VISI :
“Menguasai ilmu pengetahuan, bermutu, dan berbudi pekerti luhur berdasarkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”

MISI :

  1. Meningkatkan disiplin semua warga sekolah kearah pelaksanaan proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan.
  2. Meningkatkan prestasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, olahraga, pramuka, dan seni.
  3. Menumbuhkan kegiatan rohani yang berwawasan keagamaan, berbudaya dan berbudi pekerti luhur.
  4. Melibatkan warga sekolah dan masyarakat berpartisipasi dalam penerapan manajemen sekolah.

TUJUAN SEKOLAH :

Tujuan Jangka Pendek (Tahun Pelajaran 2021/2022)

  1. Tercapainya tingkat kelulusan yang diterima di Perguruan Tinggi sekurang-kurangnya 75 persen ( PTN 25 % , PTS 50 %).
  2. Menjuarai berbagai kompetiisi OSN, O2SN dan FLSN tingkat kabupaten dan tingkat provinsi.
  3. Mempertahankan tingkat kelulusan 100 persen dengan rata-rata nilai Ujian Sekolah 70,0.
  4. Meningkatkan program ekstrakurikuler dengan mewajibkan pramuka bagi seluruh warga, agar lebih efektif dan efisien sesuai dengan bakat dan minat peserta didik sebagai salah satu sarana pengembanmgan diri peserta didik.
  5. Semua guru telah tersertifikasi.
  6. Meningkatkan kualitas spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, dan ketrampilan warga sekolah serta pembiasaan yang positif.
  7. Kehadiran peserta didik, guru dan karyawan lebih dari 90 %.
  8. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.
  9. Ektrakurikuler dapat menjuarai tingkat kabupaten dan Provinsi.
  10. Meningkatkan sarana prasarana pembelajaran untuk dapat mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan peserta didik.

Tujuan Jangka Menengah (2025/2026)

  1. Tercapainya tingkat pengetahuan dan ketrampilan siswa yang memadai sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  2. Tercapainya idealisme segenap warga sekolah dalam memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai prestasi yang optimal.
  3. Tercapainya tingkat penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianut yang dapat mendorong peserta didik mengenali potensi dirinya sehingga dapat berkembang secara optimal.
  4.  

RENCANA STRATEGIS

Sasaran sekolah pada tahun pelajaran 2021/2022 sebagai berikut ;

  1. Sekolah memiliki standar kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
  2. Sekolah memiliki perangkat pembelajaran lengkap yang meliputi kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus, dan lain lain, untuk semua tingkat kelas.
  3. Pendekatan pembelajaran saintifik mampu dilaksanakan dan dirasakan manfaat oleh warga belajar.
  4. Sekolah mampu mengembangkan strategi penilaian.
  5. Sekolah memiliki standar pengembangan bahan dan sumber pembelajaran.
  6. Sekolah memiliki model pembelajaran bagi siswa berprestasi dan siswa yang menghadapi kesulitan belajar.
  7. Sekolah dapat meningkatkan profesionalisme dalam kinerja sebagai tenaga edukatif.
  8. Pencapaian hasil rata-rata Nilai Ujian Sekolah minimal memenuhi standar kelulusan.
  9. Sekolah mampu meningkatkan kedisiplinan siswa.
  10. Sekolah mampu mengembangkan prestasi non akademik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler.
  11. Sekolah mampu mengembangkan kompetensi kepala sekolah, guru dan karyawan sekolah, sesuai dengan tugas dan keahliannya.
  12. Sekolah mampu mengembangkan sistem monitoring dan evaluasi kinerja ketenagaan.
  13. Sekolah mampu mengoptimalkan penggalangan dana dari orangtua/ wali siswa.
  14. Sekolah mampu memberdayakan fasilitas dan potensi sekolah.
  15. Sekolah mampu mengadakan dan merawat perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium IPA, UKS, dan lapangan olah raga.
  16. Sekolah mampu mengadakan dan menginventarisir sarana pendidikan.
  17. Sekolah mampu memenuhi/ melengkapi kebutuhan media pembelajaran.
  18. Sekolah mampu menciptakan/mengembangkan kondisi lingkungan sekolah yang aman nyaman dan menyenangkan.
  19. Sekolah memiliki pengembangan administrasi sekolah.
  20. Sekolah mampu mencapai SPM (Standar Pelayanan Minimal).


Sekolah

Sekolah

SEJARAH SINGKAT

SMA Negeri 1 Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur didirikan pada tahun 1999 berlokasi di Jl. Pendidikan No. 1 Desa Lapangisi Kec. Mowewe Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara. Sekolah ini didirikan dalam upaya menyediakan pendidikan masyarakat di sekitar kecamatan Mowewe yang tidak terjangkau oleh sekolah negeri yang telah ada, akibat jarak kecamatan Mowewe dengan kecamatan lainnya yang berdekatan sangat jauh jaraknya.

Tahun demi tahun SMA Negeri 1 Mowewe selalu mengalami perkembangan/ kemajuan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas . Dari segi kualitas bisa diukur dari status akreditasi sekolah yang meningkat terus (terakhir status terakreditasi dengan nilai B), prestasi akademik maupun non akademik dari siswa-siswinya, serta fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah, dan lain sebagainya.

Dalam kiprahnya di dunia pendidikan, mulai dari sejak berdirinya sampai dengan saat ini SMA Negeri 1 Mowewe telah berhasil mengukir banyak prestasi terutama pada lingkup kecamatan dan kabupaten, baik prestasi akademik maupun non akademik.

Sejak saat didirikan hingga saat ini, pergantian pimpinan sekolah dapat diurutkan sebagai berikut :

  1. Tahun 1999-2003 dipimpin oleh Bapak Drs. Suradi Saleh, M.Pd.
  2. Tahun 2003 dipimpin oleh Bapak Ruslan. AL, S.Pd.
  3. Tahun 2003-2007 dipimpin oleh Bapak Drs. Parham, M.Pd.
  4. Tahun 2007-2016 dipimpin oleh Bapak Yosep Sahaka, S.Pd., M.Pd.
  5. Sejak tanggal 1 Desember 2016 hingga saat ini dipimpin oleh Bapak Samsul Bahri La Mbadjo, S.Pd., M.Pd.

SARANA & PRASARANA

Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah :

RKB

Jumlah Rombel sebanyak 13 Kelas, yang terdiri atas :

  1. Kelas X. MIA = 2 rombel
  2. Kelas X. IIS = 2 rombel
  3. Kelas XI.MIA = 2 rombel
  4. Kelas XI. IIS = 2 rombel
  5. Kelas XII. MIA = 2 rombel
  6. Kelas XII.IIS = 3 rombel
  1. Ruang Kepala Sekolah
  2. Ruang Tata Usaha
  3. Ruang Guru
  4. Ruang Osis
  5. Ruang BK/BP
  6. Ruang UKS
  7. Ruang Seni
  8. Ruang PMR
  9. Ruang PIK-R
  10. Ruang Pramuka
  1. Lab Komputer
  2. Perpustakaan
  3. Mushollah
  4. Parkir
  5. WC Guru
  6. WC Laki-laki
  7. WC Perempuan
  8. Kantin
  9. Gudang
  10. Lapangan Basket
  11. Lapangan Volly
  12. Lab Kimia
  13. Lab Biologi
  14. Lab Fisika
  15. Lab Bahasa
  16. Perumahan Guru/TU

Struktur Organisasi

Kepala Sekolah : Samsul Bahri La Mbadjo, S.Pd., M.Pd.

Wakasek Urusan Kurikulum dan Sarana Prasarana Sekolah : Hj. Suryani. S, S.Si.

Wakasek Urusan Kesiswaan dan Humas​ : Jumading, S.Pd.

Kepala TU : Syardi. M

Pembina Osis : Jumading, S.Pd.

Koordinator BP/BK : Muhlis. L, S.Ag.

Kepala Laboratorium : Mardiana, S.Pd.

Kepala Perpustakaan : Jasman, S.Sos

Operator Sekolah : Irma Oktaviani, S.Pd.

Bendahara BOS : Jasman, S.Sos.

KEPALA SEKOLAH

Samsul Bahri La Mbadjo, S.Pd,. M.Pd.,  adalah kepala SMA Negeri 1 Mowewe yang ke 5 sejak berdirinya sekolah ini pada tahun 1999. Lahir di Lagole (Wakatobi) pada 24 Juni 1977. Menghabiskan masa kecil sampai selesai tingkat SLTA di Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi. Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Haluoleo Kendari membawanya menjadi seorang Sarjana Pendidikan Fisika pada tahun 2009. Magister Pendidikan IPS diselesaikannya pada tahun 2009 di Universitas Kanjuruhan Malang. Menikah tahun 2003 dan telah dikaruniai 2 orang puteri.

RENCANA STRATEGIS

Sasaran sekolah pada tahun pelajaran 2021/2022 sebagai berikut ;

  1. Sekolah memiliki standar kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
  2. Sekolah memiliki perangkat pembelajaran lengkap yang meliputi kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus, dan lain lain, untuk semua tingkat kelas.
  3. Pendekatan pembelajaran saintifik mampu dilaksanakan dan dirasakan manfaat oleh warga belajar.
  4. Sekolah mampu mengembangkan strategi penilaian.
  5. Sekolah memiliki standar pengembangan bahan dan sumber pembelajaran.
  6. Sekolah memiliki model pembelajaran bagi siswa berprestasi dan siswa yang menghadapi kesulitan belajar.
  7. Sekolah dapat meningkatkan profesionalisme dalam kinerja sebagai tenaga edukatif.
  8. Pencapaian hasil rata-rata Nilai Ujian Sekolah minimal memenuhi standar kelulusan.
  9. Sekolah mampu meningkatkan kedisiplinan siswa.
  10. Sekolah mampu mengembangkan prestasi non akademik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler.
  11. Sekolah mampu mengembangkan kompetensi kepala sekolah, guru dan karyawan sekolah, sesuai dengan tugas dan keahliannya.
  12. Sekolah mampu mengembangkan sistem monitoring dan evaluasi kinerja ketenagaan.
  13. Sekolah mampu mengoptimalkan penggalangan dana dari orangtua/ wali siswa.
  14. Sekolah mampu memberdayakan fasilitas dan potensi sekolah.
  15. Sekolah mampu mengadakan dan merawat perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium IPA, UKS, dan lapangan olah raga.
  16. Sekolah mampu mengadakan dan menginventarisir sarana pendidikan.
  17. Sekolah mampu memenuhi/ melengkapi kebutuhan media pembelajaran.
  18. Sekolah mampu menciptakan/mengembangkan kondisi lingkungan sekolah yang aman nyaman dan menyenangkan.
  19. Sekolah memiliki pengembangan administrasi sekolah.
  20. Sekolah mampu mencapai SPM (Standar Pelayanan Minimal)

Komite Sekolah

Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.

Agar Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula. Susunan pengurus Komite Sekolah adalah sebagai berikut:

Ketua           :   Dra. Hj. Harmiati, M.Pd.

Sekretaris    :   Basir Syamdomu

Bendahara  :   Rany Pentisari Manga, S.Pd.

Prestasi Siswa

Prestasi di Bidang Akademik :

 

No.

Kejuaraan

Tingkat

Tahun

Prestasi

1.

Olimpiade Sains Fisika

Kab. Koltim

2014

Juara I

2.

Olimpiade Sains Kimia

Kab. Koltim

2014

Juara I

3.

Olimpiade Sains Matematika

Kab. Koltim

2014

Juara I

4.

Olimpiade Sains Biologi

Kab. Koltim

2014

Juara III

5.

Olimpiade Sains Astronomi

Kab. Koltim

2014

Juara III

6.

Olimpiade Sains Fisika

Kab. Koltim

2015

Juara I

7.

Olimpiade Sains Kimia

Kab. Koltim

2015

Juara II

8.

Olimpiade Sains Matematika

Kab. Koltim

2015

Juara I

9.

Olimpiade Sains Geografi

Kab. Koltim

2015

Juara I

10.

Olimpiade Sains Astronomi

Kab. Koltim

2015

Juara III

11.

Olimpiade Sains Fisika

Kab. Koltim

2017

Juara I

12.

Olimpiade Sains Geografi

Kab. Koltim

2017

Juara I

13.

Olimpiade Sains Matematika

Kab. Koltim

2018

Juara I

14.

Olimpiade Sains TIK

Kab. Koltim

2018

Juara I

15.

Olimpiade Sains

Kab. Koltim

2018

Juara III

16.

Kuis Kihajar

Kab. Koltim

2018

Juara I

17.

Kuis Kihajar

Kab. Koltim

2018

Juara II

18.

Olimpiade Sains Astronomi

Kab. Koltim

2020

Juara I

19.

Olimpiade Sains

Kab. Koltim

2020

Juara I

Prestasi di Bidang Non-Akademik :


No.

Kejuaraan

Tingkat

Tahun

Prestasi

1.

O2SN Cabang Sepak Bola

Kab. Koltim

2015

Juara I

2.

O2SN Cabang Karate Bebas Komite Putra

Kab. Koltim

2015

Juara III

3.

O2SN Cabang Karate Bebas Komite Putri

Kab. Koltim

2015

Juara I

4.

O2SN Cabang Karate Bebas Komite Putri

Prov. Sultra

2015

Juara I

5.

O2SN Cabang Sepak  Bola

Kab. Koltim

2016

Juara II

6.

O2SN Cabang Bola Voli Putri

Kab. Koltim

2016

Juara

7.

O2SN Cabang Karete 61 kg Komite Putra

Kab. Koltim

2016

Juara I

8.

O2SN Cabang Karete 51 kg Komite Putri

Kab. Koltim

2016

Juara I

9.

O2SN Cabang Karete Kata Putri

Kab. Koltim

2016

Juara I

10.

O2SN Cabang Atletik (Lari) 100 m Putra

Kab. Koltim

2016

Juara II

11.

O2SN Cabang Atletik (Lari) 100 m Putri

Kab. Koltim

2016

Juara III

12.

O2SN Cabang Tenis Meja Purta

Kab. Koltim

2016

Juara II

13.

O2SN Cabang Catur Putri

Kab. Koltim

2016

Juara II

14.

Vokal Grup

Kab. Koltim

2016

Juara II

15.

Debat Bahasa Indonesia

Kab. Koltim

2016

Juara III

16.

Pidato PIK-R

Kab. Koltim

2016

Juara III

17.

Pidato Anti Narkoba

Kab. Koltim

2016

Juara II

18.

O2SN Cabang Karete 51 kg Komite Putri

Kab. Koltim

2017

Juara I

19.

O2SN Cabang Karete 61 kg Kata Putra

Kab. Koltim

2017

Juara I

20.

O2SN Cabang Lompat Jauh Putri

Kab. Koltim

2017

Juara I

21.

O2SN Cabang Lompat Jauh Putra

Kab. Koltim

2017

Juara I

22.

O2SN Cabang Lari 100 m Puteri

Kab. Koltim

2017

Juara I

23.

O2SN Cabang Lari 100 m Putera

Kab. Koltim

2017

Juara I

24.

O2SN Cabang Lari 100 m Putera

Kab. Koltim

2018

Juara I

25.

O2SN Cabang Lompat Jauh Putera

Kab. Koltim

2018

Juara I

26.

Open Turnamen SMAN 1 Cup Cab. Basket Putri

Prov. Sultra

2020

Juara II

KEADAAN SISWA

KONDISI SISWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Keadan Per 1 Mei 2022

     

Kelas

Banyak Siswa

 L

P

Jumlah

  X

X. MIA 1

9

27

36

X.MIA 2

10

27

37

X. IIS 1

19

18

37

X. IIS 2

20

20

40

Jumlah Kelas X

58

92

150

  XI

XI. MIA 1

9

20

29

XI. MIA 2

11

20

31

XI. IIS 1

18

17

35

XI. IIS 2

18

14

32

Jumlah Kelas XI

56

71

127

  XII

XII. MIA 1

12

22

34

XII.  MIA 2

11

21

32

XII. IIS 1

12

13

25

XII. IIS 2

15

8

23

XII. IIS 3

14

10

24

Jumlah Kelas XI

64

74

138

    TOTAL (X, XI, XII)

178

237

415

     

Mowewe, 1 Mei 2022

Kepala Sekolah,

     
     
     

SAMSUL BAHRI LA MBADJO, S.Pd,M.Pd.

NIP. 19770624 200003 1 005

Share this 

Facebook 0
WhatsApp
Twitter
Google+ 0
Email